Jumat, 01 April 2011

jakarta public transportation

Siapa yang tinggal di Jakarta?Bagi warga Jakarta,pasti udah engga asing dengan kemacetan yang tiap hari semakin membuat rambut rontok.

Sejak gue kecil sampe gue gede,kota Jakarta seolah-olah engga bisa mengatasi masalah yang sudah menjadi rutinitas ini.Sekarang,setiap harinya lebih dari 1000unit motor dan sekitar 500unit mobil baru beroprasi di Jakarta.Ramalan para ahli,Jakarta bakalan stuck pada tahun 2015.Dan bahkan ramalan itu bisa berlangsung lebih cepat kalo pemerintah engga cepat mencari solusi.


Nah,di post ini gue mau ngebahas sedikit tentang beberapa kendaraan umum yang bisa mengatasi padatnya lalu lintas kota Jakarta setiap harinya.Tapi sebelumnya,kita lihat dulu,kendaraan" jadul yang dulu pernah beroprasi di Jakarta:

1)bis tingkat
status:masuk museum
Dulu di Jakarta ada semacem bus tingkat gitu.Klo ga salah pas jaman"nya bonyok gue,kendaraan ini masih beroprasi dan bahkan jadi kendaraan yang cukup diminati.Sayang karena kendaraan ini terlalu makan tempat,dan terlalu tinggi,akhirnya bus tingkat ini harus menyudahi kariernya di Jakarta.

2)opelet
status:masuk museum
Inget Si Doel anak sekolahan?Pasti elo inget opelet dong.Kendaraan cihui yang satu ini mirip" angkot jaman sekarang.Tapi sayang,karena kendaraannya udah terlalu lama,dan suku cadang semakin langka,akhirnya terpaksa kendaraan ini pensiun.

3)trem
status:masuk museum
Waktu jaman belanda dulu,di Jakrta trem sempet beroprasi selama beberapa tahun.Tapi karena waktu itu penjajahan Belanda berakhir dan berganti ke pemerintahan penjajah jepang,akhirnya trem dihapuskan.

4)bemo

status:punah
Bemo,atau becak motor adalah kendaraan yang cukup populer di awal 90an,sampai akhir 2000an.Tapi karena kendaraan ini berpolusi dan kurang mampu mengangkut banyak penumpang,akhirnya kendarann unik ini punah.

5)kancil
status:punah
Dulu,waktu awal kemunculannya,kancil sempet dijadikan sebagai salah satu kendaraan pengganti bajaj yang udah berpolusi.Tapi karena kendaraan ini mahal,dan kayaknya designnya kurang mewah dan namanya kurang keren,akhirnya kendaraan ini gagal menggantikan bajaj yang akhirnya masih tetep eksis sampe hari ini.

6)bajaj
status : its complicated
Siapa coba yang engga kenal sama kendaraan ini?Ini adalah kendaran di Jakarta yang paling berisik dan paling berpolusi.Dulu kendaraan ini sempet pengen digantiin sama kancil,tapi karena kancil gagal,akhirnya sampe sekarang kendaraan ini masih beroprasi.Saat ini meskipun masih banyak yang beroprasi,banyak juga bajaj bbg yang sudah beroprasi,dan diharapkan pemerintah nantinya bisa menggantikan bajaj berknalpot berisik ini.

Nah,setelah elo ngeliat beberapa kendaraan lawas di atas,nantinya Jakarta juga bakalan punya kendaraan umum yang efektif menanggulangi kemacetan.Kendaraan" umum yang nantinya beroprasi di Jakarta antara lain:

future vehicle
1)MRT
status:on progres
Nantinya MRT bakalan jadi kendaraan paling nyaman dan paling cepat di Jakarta.Diperkirakan MRT yang sampai sekarang masih dalam tahap pengerjaan akan selesai tahun 2016.Kalo MRT berhasil,bisa jadi nanti kota Jakarta sebagus Singapore.Enggak sabar nih nunggunya.Mudah"an proyek ini berhasil dan engga kayak proyek monorail yang sampe sekarang engga jelas kapan selesenya.

2)monorail
status:abandoned
Monorail bisa dibilang sebagai proyek yang bagus dan cukup efektif mengatasi macet di Jakarta.Tapi sayangnya sejak jaman Sutiyoso sampe akhirnya jaman Fauzi Bowo proyek monorail sampe sekarang engga jelas kapan selesenya.Sampe detik ini,tiang pancang monorail malah jadi nyampah di jalan" Jakarta.

3)transjakarta (busway)
status:already use,on development
Sampai saat ini,kendaraan umum yang bisa dibilang cukup berhasil mengatasi kemacetan adalah transjakarta(busway).Dari tahun ke tahun,pengguna transjakarta meningkat dan pada jam sibuk selalu dipadati karyawan yang mau pulang ke rumahnya.Sampe sekarang busway udah dibuka 10koridor,dan kualitas pelayanan akan selalu ditingkatkan.

Mudah"an dengan adanya sistem transportasi baru yang mau dibangun,kemacetan di Jakarta bisa hilang.Atau paling engga berkurang lah.

Bisa dibilang saat ini Jakarta menjadi korban karena perkembangan penduduknya yang sangat pesat.Setiap tahun,beribu-ribu penduduk baru berdatangan,dan kemungkinan besar membuat Jakarta semakin sumpek.Mudah"an di masa depan Jakarta bisa mengatasi kemacetan yang parah setiap harinya dan  bersaing seperti kota" metropolitan lain di dunia.Semoga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar